Teknik Berburu rusa

berburu-rusa

Berburu Rusa memang merupakan pengalaman yang unik dan menyenangkan. Namun, sudah pasti bahwa kita harus tetap menjaga ekosistem alam dalam berburu Rusa. Berikut ini adalah tips-tips untuk membantu Anda yang ingin berburu Rusa dengan sukses. Silahkan disimak!

  • Persiapan Sebelum Berburu Rusa

1. Cari Izin Berburu
Di beberapa daerah, ada wilayah – wilayah yang masih merupakan area konservasi dan dilindungi oleh pemerintah, sehingga kita tidak boleh berburu di sana. Cobalah untuk mendapatkan ijin dari Kementrian Konservasi Lingkungan local atau Kementrian Sumber Daya Alam. Biaya perijinan berburu rusa biasanya berkisar antara $40-$200, tergatung tiap daerah. Anda juga bisa mendapatkan informasi seperti seberapa lama musim perburuan berlangsung, berapa ekor yang boleh diburu, jenis Rusa apa yang boleh diburu, serta syarat keamanan berburu ketika mengurus perijinan ini.

2. Pastikan Hukum Penggunaan Senapan Berburu
Biasanya, para pemburu paling banyak menggunakan senjata jenis senapan untuk berburu. Anda bisa pergi kekantor perijinan berburu untuk mengetahui apakah senjata Anda legal untuk digunakan. Jika Anda belum mahir menggunakan senapan, cobalah dengan menggunakan busur atau panah yang lebih aman. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan senjata yang tidak Anda kuasai atau tidak diperbolehkan oleh pemerintah.

3. Pakai Baju Berburu Sesuai Ketentuan

baju-berburu

Apa yang Anda pakai mungkin terlihat sepele, namun itu sangat penting untuk Anda. Saat berburu Rusa, Anda bisa menggunakan baju berwarna orange, sebab Rusa tidak bisa melihat dengan baik. Anda juga bisa menggunakan baju kamuflase yang bisa berbaur dengan warna sekitar tempat perburuan.Jangan lupa untuk menggunakan sepatu/boots. Cobalah sepatu Gore-Tex untuk membuat sepatu Anda anti air, atau sepatu 800-Gram of Thinsulate-Ultra Insulation yang akan membuat kaki Anda tetap terasa hangat, dan Cordura Nylon akan membuat bahan kulit pada sepatu Anda awet lebih lama. Selain itu, bawalah peralatan seperti foam penghangat kursi, teropong, dan kotak peralatan berisi semprotan anti serangga, P3K, lampusenter, kompas, pisau kecil, korek api, dsb.

4.Tentukan Lokasi Rusa Hutan

lokasi-rusa
Sebelum berburu, cobalah untuk melacak lokasi sarang, habitat, tempat makan, hingga jalur yang biasa dilewati oleh Rusa hutan. Dengan demikian, perburuan Anda akan lebih terarah dan efektif. Rusa biasanya tinggal di semak-semak atau tempat-tempat yang tumbuhannya tampak lebat, tepian sungai kecil, serta tempat teduh yang agak tinggi.

5. Siapkan Umpan

wortelen
Umpan dibutuhkan untuk menarik Rusa keluar dari sarang atau tempat persembunyiannya. Tempatkan umpan di jalur yang biasanya dilewati oleh Rusa, namun pastikan agar tetap dalam jarak tembak. Anda bisa menggunakan wortel, apel, mineral licks, gula bit, atau jagung sebagai umpan. Di beberapa daerah mungkin ada larangan untuk menaruh umpan pada jarak 300 yard, jadi jika Anda ingin menaruh umpan, sebaiknya lakukan 1 minggu atau 10 hari sebelum berburu.

  • Teknik Saat Berburu Rusa

1. Ajak Teman
Berburu akan lebih menyenangkan jika kita mengajak seseorang bersama kita yang bisa diajak untuk berbagitugas. Namun jika Anda terpaksa sendirian, selalu pastikan Anda membawa peralatan yang memadai serta sarana meminta bantuan jika terjadi keadaan darurat. Jika Anda tidak ditemani oleh pemandu, ingat rute berburu yang Anda tempuh agar tidak tersesat.Anda bisa memberi tanda di pohon atau menghafal area berburu, atau bisa menggunakan peta atau GPS area berburu. Penting juga untuk memastikan baterai ponsel selalu hidup.

2. Selalu Perhatikan Tanda di Batang Pohon
Guratan dan usapan bisa menjadi indikasi bahwa ada Rusa yang sering lewat. Lebih baik Anda menunggu di dekat area dengan banyak tanda seperti itu.

3. Gunakan Pengalih Aroma

baking-soda

Rusa memiliki indera penciuman dan pendengaran yang sangat tajam, jadi sebaiknya Anda memakai parfum untuk pengalih Aroma. Jika tidak menggunakan parfum, Anda bisa menggunakan baking soda. Campurkan 1 sendok baking soda pada sabun mandi yang cair, lalu gunakan untuk mandi. Hal ini dimaksudkan untuk menutupi aroma tubuh kita saat berburu.

4. Pancing Rusa kelokasi Terdekat Anda

doeestrous

Pancing Rusa kelokasi tempat Anda sedang melakukan pengintaian. Anda bisa menggunakan pemanggil Rusa berupa suara Anda sendiri, atau menggunakan aroma Doe In Estrus yang bisa Anda dapatkan di took alat berburu. Semprotkan spray Doe Estrus di beberapa area tempat Anda mengintai. Dalam beberapa kasus, ada Rusa yang mengikuti aroma ini hingga mendekati tempat Anda menunggu, sebab aroma ini mirip aroma kencing Rusa jantan di awal musim kawin. Suara tanduk yang saling beradu juga bisa digunakan untuk memancing Rusa lain agar mau mendekat.

  • Teknik SaatMembidik Rusa

1. Tarik Pelatuk di Saat yang Tepat
Sabar merupakan kunci berburu Rusa. Tunggu hingga Rusa berada dalam jarak yang cukup untuk menembak. Biasanya, jarak yang efektif berada pada 20-30yard. Sebaiknya hindari menembak target ketika jaraknya masih terlalu jauh. Sebab, peluang untuk menembak tepat pada organ vital akan menjadi lebih kecil, dan hanya akan membuat Rusa tergores dan malah berlari.

2. Posisi Menembak

rifle_position_standing

Selalu pastikan amunisi terisi penuh. Jika Anda menggunakan busur dan panah, pastikan anak panah siap untuk dilesatkan dari busurnya. Sangat dianjurkan untuk membidik dengan posisi berdiri, sebab tubuh bisa lebih leluasa bergerak.

3. Bidik Area Vital

area-vital-rusa

Untuk melumpuhkan target dengan efektif, arahkan senjata Anda pada bahu atas, kepala, atau leher Rusa hutan. Di sasaran ini akan membuat Rusa lebih cepat mati.

  • Sikap Setelah Menembak Rusa

Perkirakan Lokasi
Cobalah untuk memastikan di mana buruan Anda yang sudah tertembak di temukan. Anda bisa mulai dari area yang tampak ada noda darah, danlihat kemana arah Rusa itu pergi.Gunakankompas, GPS, atau anjing untuk melacak kemana buruan Anda pergi, namun jangan sampai tersesat. Tunggulah sekitar 30 menit sebelum melacak, agar buruan mendapat kesempatan untuk berbaring dan mati kehabisan darah. Jika langsung dikejar, biasanya buruan malah semakin lari entah kemana.

Setelah mendapatkan Rusa buruan, belajarlah cara menguliti Rusa dengan metode yang baik dan benar. Karena itu, sangat penting untuk mencari rekan berburu yang sudah mahir. Selain untuk alas an keamanan, Anda juga bisa belajar banyak darinya. Selamat Berburu!

Leave a comment