Kenggulan dan Kekurangan Senapan di Pasaran

Senapan angin dapat dengan mudah dijumpai di pasaran. Di Indonesia, terdapat beragam jenis senapan angin yang ada di pasaran diantaranya adalah multi pump pneumatic (senapan pompa), spring system (per), co2, gejluk dan pre charged pneumatic (pcp). Pada kesempatan kali ini akan dipaparkan satu per satu keunggulan dan kekurangan senapan angin tersebut. Yuk, simak bersama:

Multi pum pneumatic (senapan pompa)

sharp-tiger

Senapan pompa ini menggunakan udara yang disumbatkan pada tabung senapan dengan cara memompa lever pada senapan. Biasanya senapan bisa dipompa hingga mencapai 16 kali dan hanya dapat digunakan untuk satu tembakan saja, dan jumlah pompa biasanya disesuaikan dengan jarak dan jenis sasaran, contohnya jika untuk jarak dekat menggunakan enam pompa dan jika merasa jarak lebih jauh, maka pemakai akan menambah lagi jumlah pompa pada senapan anginnya.

Harga dari senapan angin pompa sangat beragam dengan kisaran harga mulai dari Rp 150.000,00 sampai dengan Rp 20.000.000,00, dan harga tersebut juga pasti mempengaruhi kualitas dari masing-masing senapan angin tersebut, namun belum tentu harga yang termahal merupakan senapan yang paling baik. Berkaitan dengan hal tersebut, ada beberapa macam senapan angin yang banyak digunakan di Indonesia adalah sharp tiger, sharp inova, dan sharp dragon. Senapan tersebut memiliki type yang masuk dalam kategori senapan yang harganya sangat terjangkau yaitu di bawah satu jutaan. Namun, senapan-senapan tersebut merupakan beberapa senapan yang sangt mudah untuk dimodifikasi menjadi senapan angin yang mempunyai power dan tingkat akurasi yang sangat berkualitas.

Dengan demikian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa senapan angin pompa memiliki keunggulan diantaranya sebagai berikut:

  • Harga terjangkau
  • Kekuatan/ power dapat disesuaikan
  • Dapat digunakan setiap saat dan dimana saja
  • Tembakan halus dengan sedikit gerakan vertical saat menembak

Disamping keunggulannya, senapan angin juga mempunyai kekurangan diantaranya:

  • Membutuhkan tempat yang luas dan waktu yang lama dalam memompa
  • Menguras tenaga ketika memompa
  • Kekuatan atau power tembakan tidak begitu besar. Hanya mempunyai tingkat akurasi sekitar 30 sampai dengan 50 meter.
  • Membutuhkan waktu yang lama jika ingin melakukan tembakan kedua karena harus melalui proses pompa terlebih dahulu.

Spring system (per)

diana-original

Senapan angin Spring system atau per merupakan salah satu jenis senapan angin yang memakai per untuk mengkompres udara ke dalam silinder dan piston untuk menghasilkan kekuatan atau power. Senapan jenis ini cukup praktis dan sederhana karena hanya membutuhkan 1 kali kokang untuk dapat menembak, namun membutuhkan kekuatan fisik yang besar. Untuk mengokang senapan ini membutuhkan kekuatan sebesar 15 kg sampai dengan 20 kg. kekuatan yang dihasilkan memang cukup besar, dapat mencapai 1000fps (feet per second), namun recoil dan suara yang dihasilkan juga sangat besar. Kesalahan teknik dapat menyembabkan cidera karena recoil yang sangat besar. Cidera biasanya terjadi pada bagian bahu. Pemakaian dapat melemahkan per yang digunakan dan berpengaruh langsung pada penurunan kekuatan. Per untuk senapan  jenis ini cukup banyak dijual dan mudah dijumpai di pasaran.

Dari hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa keunggulan senapan ini antara lain: kekuatan atau powernya besar, cukup praktis, dan bentuknya bagus. Sedangkan kekurangannya adalah membutuhkan kekuatan yang besar, recoilnya dan suaranya besar, dan berat.

Senapan gejluk

pasopati-variasi

Senapan jenis ini merupakan senapan dengan kekuatan atau power yang besar dan praktis ketika digunakan. Senapan gejluk biasa dipakai untuk berburu medium hingga big game seperti babi hutan, biawak, musang. Senapan ini menggunakan pompa kaki yang dikocok hingga beberapa ratus kali untuk menghasilkan beberapa tembakan. Di Indonesia, senapan gejluk diproduksi secara local dengan tingkat kualitas yang baik, contohnya gejluk sanaji. Keunggulan senapan gejluk adalah praktis dan memiliki  kekuatan besar. Kekurangan senapan gejluik adalah membutuhkan tenaga yang besar ketika memompa sehingga akan menimbulkan kelelahan dan jarang dijumpai di pasaran karena masih sedikit yang beredar.

Pre charged pneumatic (pcp)

pcp

Senapan jenis ini memperoleh kekuatan dari udara yang dimampatkan ke dalam tabung khusus yang selanjutnya akan diintegrasikan dengan senapan. Senapan jenis ini mampu menghasilkan kekuatan yang sangat besar, mulai dari 1000 hingga 3000 psi. Pre charged pneumatic hanya dapat dipompa melalui tabung khusus yang memiliki tekanan sebesar 4800 sampai 5000 psi sehingga tabung ban mobil yang hanya memiliki tekanan 100-200 psi tidak dapat mengisi senapan pcp tersebut. Dengan sekali pompa dari tabung khusus, dapat menghasilkan hingga 40 sampai 100 tembakan yang dapat diatur dengan memutar setelan atau baut yang terdapat pada tabung penyimpanan gas. Namun, harga tabung khusus pcp dan senapannya ini kurang terjangkau. Kelebihan senapan pre charged pneumatic diantaranya, sangat praktis, dapat menghasilkan kekuatan besar, dan tersedia dengan ukuran proyektil besar. Sedangkan kelemahannya adalah harga senapan dan tabungnya mahal, serta penjual senapan ini sangat terbatas.

Senapan co2

evanix-tactical-sniper-air-rifle

Senapan co2 merupakan senapan angin yang menggunakan co2 dan dikompresi dalam tabung kecil. Sistemnya sama seperti gbb airsoftgun, namun perbedaannya terletak pada proyektil senapan yang tersedia dengan mode semi auto bahkan full auto. Namun, senapan ini memiliki kekuatan atau power yang tidak terlalu besar seperti pcp, meskipun prinsip kerjanya hanmpir sama. Harga senapan ini sangat mahal dan sangat sedikit peminatnya.

Leave a comment