Mengubah Senapan Model Pompa Menjadi Bullpup

Bagi kalian para pecinta olahraga berburu pasti kenal dengan senapan angin model bullpup. Apa itu bullpup? Bullpup adalah sebuah jenis senjata yang mekanisme penembakannya berada di popor, dan yang paling terlihat adalah lokasi pelatuk berada di depan magazine dari senjatanya. Tipe bullpup atau senapan dengan desain popor pendek memang akhir – akhir ini mulai banyak diminati di kalangan bediler di tanah air karena beberapa kelebihannya. Selain kelebihan, senapan angin model bullpup ini juga memiliki kekurangan. Nah sekarang saya akan mengulas tentang kelebihan, kekurangan dan cara membuat senapan angin model bullpup. Berikut ulasannya :

senapan-angin-bullup

Kelebihan Senapan Angin Model Bullpup

Ada beberapa kelebihan yang akan kita dapat saat mengubah senapan angin pompa kita menjadi model bullpup diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Desain senapan model bullpup menjadi lebih pendek daripada senapan angin pompa, sehingga lebih mudah dibawa apalagi saat naik motor dan terkesan lebih mudah dibawa berburu blusukan di dalam rerimbunan pohon atau semak.
  2. Model senapan bullpup terlihat lebih modern, gagah, dan praktis.
  3. Lebih mudah digunakan untuk berburu karena senapan model bullpup tidak akan terlihat panjang menjulang yang sering kali mengakibatkan binatang buruan langsung ngacir.
  4. Lebih nyaman untuk dipakai berburu karena memang model bullpup akan menjadikan berat senapan angin akan bertumpu di bagian belakang, dan dengan demikian maka saat dalam posisi menembak akan terasa nyaman dan senapan tidak bergerak – gerak sehingga sasaran kecil tidak jadi masalah dan dalam posisi apapun akan terasa tetap nyaman.

Kekurangan Senapan Angin Model Bullpup

Setiap benda di dunia ini pasti ada sisi positif dan juga sisi negative. Sama halnya dengan senapan model bullpup, selain kelebihan diatas ada pula kekurangan yang harus kita perhatikan saat mengubah senapan angin pompa kita menjadi model bullpup, diantaranya:

  1. Sulitnya menyetel akurasi scope. Mengapa? Karena jarak antara laras senapan dan scope menjadi semakin jauh, oleh karena itu akurasi pun akan terganggu dalam jarak yang berbeda. Jadi, perbedaan jarak tembak dan naik turunnya peluru menjadi sangat signifikan.
  2. Sulit digunakan untuk berburu jarak dekat karena seperti poin pertama tadi, jarak antara laras senapan dan scope akan sangat mempengaruhi akurasi pada jarak yang berbeda. Apalagi pada jarak dekat, jadi jika anda sudah menyetel pada jarak 15 – 20 m seperti biasa, maka anda akan kebingungan saat harusmenembak buruan di jarak 5 – 10 m. Misalnya saat sedang berburu musang, jadi anda harus menyetel ulang scope sesuai kebutuhan jarak, karena jika buruan terlalu dekat maka peluru akan jatuh di bawah titik akurasi kurang lebih sejauh 3 – 7 cm.
  3. Senapan model bullpup mengeluarkan selongsong peluru sangat dekat dengan wajah penggunaannya sehingga banyak yang terganggu akan hal itu.

Cara Mengubah Senapan Angin Pompa Menjadi Model Bullpup

skema-senapan-bullup

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan senapan model bullpup, sekarang mari langsung kita lihat cara mengubah senapan angin pompa menjadi model bullpup jika anda sudah yakin untuk merasakan sensasi model bullpup. Jadi, yang harus kita buat atau kita ubah saat ingin mengubah senapan angin pompa menjadi model bullpup adalah sebagai berikut:

  1. Bagian Popor senapan
  2. Bagian dudukan atau tempat untuk meletakkan scope, dan
  3. Bagian picu senapan

Nah, dari ketiga bagian tadi yang harus sangat kita perhatikan adalah saat kita sedang membuat tempat dimana tempatnya nanti akan kita gunakan untuk meletekkan teleskop kita. Tempat yang kita buat harus lurus dan kuat, karena jika tempat teleskop tersebut tidak lurus dan tidak kuat maka akurasi senapan pasti hancur total. Untuk cara membuat tempat teleskop silahkan di kreasikan sendiri sesuai selera anda masing – masing dengan melihat model senapan yang ada pada gambar di bawah. Untuk picunya yang pasti kita harus menggunakan kawat yang kuat yang tidak lentur agar dapat digunakan untuk pendorong picu dari pelatuk depan. Untuk lebih jelasnya, berikut gambarnya:

Kesimpulan

Senapan angin tipe Bullpup adalah sebuah jenis senjata yang mekanisme penembakannya berada di popor, dan yang paling terlihat adalah lokasi pelatuk berada di depan magazine dari senjatanya. Senapan tipe seperti ini memiliki beberapa kelebihan, diantarannya: Desain senapan model bullpup menjadi lebih pendek daripada senapan angina pompa, Model senapan bullpup terlihat lebih modern, gagah, dan praktis, Lebih mudah digunakan untuk berburu dan lebihnya manuntuk dipakai berburu sementara untuk kekurangan senapan angin tipe bullpup adalah: Sulitnya menyetel akurasi scope, sulit digunakan untuk berburu jarak dan senapan model bullpup mengeluarkan selongsong peluru sangat dekat dengan wajah penggunaannya sehingga banyak yang terganggu akan hal itu.

bullpup

Untuk anda yang tertarik mengubah senapan angin biasa menjadi tipe bullpup maka yang harus kita buat atau kita ubah saat ingin mengubah senapan angin pompa menjadi model bullpup adalah Bagian Popor senapan, bagian dudukan atau tempat untuk meletakkan scope, dan bagian picu senapan. Yang harus anda perhatikan saat mengubahnya adalah daya kreativitas anda.

Leave a comment